Cegah Kanker Serviks, Mulai Oktober Siswa SD Diberi Imuniasi HPV

Selasa, 27 September 2016 - 22:25 WIB
Cegah Kanker Serviks, Mulai Oktober Siswa SD Diberi Imuniasi HPV
Cegah Kanker Serviks, Mulai Oktober Siswa SD Diberi Imuniasi HPV
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengumumkan upaya terbaru pemerintah dalam mewujudkan Indonesia bebas kanker serviks atau kanker leher rahim dengan pemberian imunisasi human pamillomavirus (HPV) melalui kegiatan bulan imunisasi anak sekolah (BIAS).

"Imunisasi ini diberikan kepada murid perempuan kelas 5 SD dengan dosis pertama pada 4 Oktober 2016. Pemberian akan berlangsung selama satu bulan, sesuai jadwal. Untuk kelas 6 SD dengan dosis kedua mulai 2017," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dr R Koesmedi Priharto SpOT. Mkes pada acara Indonesia Menuju Bebas dari Kanker Serviks di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Kanker serviks di Indonesia merupakan paling tinggi di Asia Tenggara dengan insidensi 20.928 dan mortalitas 9.498. Koesmedi menegaskan, perlu adanya program khusus untuk mengurasi resiko kanker serviks ini.

Berdasarkan rekomendasi World Health Organization (WHO), kanker serviks yang disebabkan HPV dapat dicegah dengan tindakan primer yaitu, vaksin HPV, di mana pemberian vaksin ini bisa diberikan mulai usia 9 hingga 45 tahun.

"Riset klinik telah menunjukkan usia 9 hingga 13 tahun adalah jangka usia yang paling baik untuk diberika vaksin HPV. Cukup hanya dengan dua kali dosis vaksin HPV. Ini karena tingkat daya tahan tubuh anak yang masih kuat sehingga vaksin HPV akan lebih efektif memperkuat daya tahan tubuh anak dan mengurangi resiko kena kanker serviks," jelasnya.

Kegiatan ini diperkirakan akan diikuti sekitar 75.000 siswi kelas 5 SD. Pemprov DKI juga sudah menyiapkan semua tenaga medis Puskesmas sebagai pemberi vaksin di sekolah seperti kegiatan BIAS lainnya.

“Kami mengimbau orangtua ikut serta mengambil peran aktif untuk melindungi putri dari risiko kanker serviks," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3603 seconds (0.1#10.140)